Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

9 Peluang Kerja Lulusan Farmasi Yang Prospeknya Bagus di Tahun 2024

 

9 Peluang Kerja Lulusan Farmasi Yang Prospeknya Bagus di Tahun 2024

Sarjana Farmasi (S.Farm) adalah gelar yang diberikan kepada lulusan Program Studi Farmasi. Jika dibandingkan manajemen bisnis dan IT, mungkin masih banyak yang belum paham dengan salah satu jurusan kuliah ini. Bagi kalian yang baru lulus SMA/SMK sederajat, mari cari tahu bersama peluang kerja lulusan Farmasi.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pertimbangan sebelum memilih jurusan kuliah adalah prospek kerja. Jurusan dengan prospek kerja yang luas bagi lulusannya pasti lebih menarik minat para mahasiswa.

Setelah lulus dari prodi Farmasi, mahasiswa bisa melanjutkan studi Apoteker untuk mendapat gelar Apoteker. Namun, perlu diketahui bahwa lulusan Farmasi tidak hanya terbatas bekerja di apotek.

Peluang kerja lulusan Farmasi masih terbuka cukup luas di beberapa bidang yang lain. Mari kita simak uraian selengkapnya seperti berikut.

Ini Dia Beberapa Peluang Kerja Lulusan Farmasi

1. Profesi Di Bidang Kesehatan

Sebagai seorang lulusan Farmasi, peluang kerja paling utama adalah menjadi seorang apoteker. Namun, sebelum itu pastikan Anda sudah menyelesaikan pendidikan apoteker dahulu.

Selain apoteker, masih ada beberapa profesi lain di bidang kesehatan yang bisa ditekuni. Yaitu bekerja laboratorium klinik dan rumah sakit.

2. Health Educator

Health Educator adalah profesi yang bertugas untuk memberikan sosialisasi kesehatan. Kamu pasti masih belum terlalu familier dengan bidang pekerjaan satu ini, karena memang tidak sebanyak profesi lain.

Apalagi di Indonesia yang mayoritas penduduknya masih belum terlalu peduli dengan pola hidup sehat. Namun, di zaman modern seperti sekarang tidak perlu khawatir lagi.

Karena bisa memanfaatkan sosial media seperti Instagram, TikTok dan YouTube untuk mempromosikan layanan ini.

Yaitu dengan membuka kelas diet online dan memberikan rekomendasi menu makan sehari-hari kepada member.

3. Dunia Kecantikan

Pasti belum pernah terpikir di benak Anda untuk bekerja di dunia kecantikan setelah lulus dari prodi Farmasi. Padahal, prospek kerja ini ada dan bisa dibilang cukup krusial perannya.

Sebagai orang yang paham dengan obat-obatan dan bahan-bahan untuk merancang kosmetik, Anda bisa memanfaatkannya menemukan formula terbaik bagi produk kecantikan.

Bukan hanya sekedar memberi manfaat yang bagus untuk kulit, namun juga aman digunakan.

Selain bekerja di pabrik produk kecantikan, Anda juga bisa menjadi ahli terapi kecantikan dan konsultan kecantikan.

4. Peneliti Farmasi

Setelah 4 tahun atau 8 semester lamanya menempuh pendidikan sebagai mahasiswa farmasi, Anda tentu memiliki pengetahuan yang luas terhadap obat-obatan.

Sama seperti bekerja di industri kecantikan, di sini tugas Sarjana Farmasi adalah meracik komposisi obat yang aman dan ampuh untuk mengatasi keluhan banyak orang.

Peluang kerja lulusan Farmasi ini sangatlah terbuka lebar, mengingat banyaknya perusahaan obat-obatan di Indonesia dan bahkan dunia.

5. Lembaga Pemerintah

Lapangan pekerjaan dari lembaga pemerintah juga terbuka lebar bagi lulusan Farmasi. Contohnya adalah BBPOM (Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan) atau BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan).

Kedua lembaga ini sangat membutuhkan pengetahuan dan skill lulusan Farmasi. Sehingga, bagi Anda yang sudah lama menginginkan bekerja di kantor pemerintahan tetap bisa mewujudkannya.

Ketika bekerja di bidang BBPOM dan BPOM, tugas Anda adalah mengawasi makanan dan obat-obatan yang akan diedarkan atau diproduksi.

Makanan dan obat-obatan tersebut harus sesuai dengan standarisasi peraturan perundang-undangan. Jangan sampai masyarakat di Indonesia mengonsumsi produk yang berbahaya bagi kesehatan mereka.

Selain BPOM, prospek kerja lulusan Farmasi lainnya adalah berada di kantor Kementerian dan Dinas Kesehatan. Tugas yang bisa Anda dapatkan cukup beragam, namun pada dasarnya berhubungan dengan menjaga keselamatan dan kesehatan masyarakat.

Berbicara tentang tenaga profesional farmasi lainnya Anda bisa mengunjungi website pafiasahan.org. Situ ini merupakan platform digital dari Perkumpulan Ahli Farmasi Indonesia yang kaya akan informasi tentang dunia farmasi di Indonesia.

6. Startup Kesehatan

Beberapa tahun belakangan ini mulai tumbuh startup teknologi di bidang kesehatan. Khususnya ketika masa pandemi Covid-19 lalu, keberadaan startup kesehatan tersebut semakin menjamur.

Ini memberikan keuntungan bagi banyak pihak, mulai dari masyarakat yang terbantu dengan akses ke layanan kesehatan semakin mudah.

Lulusan Farmasi yang mendapatkan prospek kerja, sampai pemilik startup dengan keuntungannya. Tidak heran apabila bisnis ini adalah salah satu yang prospeknya bagus dimasa depan.

7. Dosen

Sama seperti lulusan prodi yang lain, sebagai mahasiswa Farmasi Anda juga berkesempatan menjadi tenaga pengajar. Dosen adalah pilihan pekerjaan berikutnya yang bisa ditekuni oleh lulusan Farmasi.

Agar bisa menekuni sebagai dosen, pastinya Anda harus melalui proses pendidikan yang panjang. Yaitu magister, studi profesi, sekaligus memiliki pengalaman cukup.

Prospek kerja farmasi ini cocok bagi mereka yang memiliki antusias di bidang pendidikan.

8. Sales Representative Medis

Sesuai namanya, sales representative medis adalah profesi yang menjual produk-produk dari perusahaan medis.

Meskipun ada berbagai macam produk yang bisa dijual, namun biasanya lebih fokus terhadap peralatan medis dan obat-obatan.

Jika berminat dengan prospek kerja lulusan Farmasi ini, maka harus mempersiapkan diri bertemu dengan banyak pihak. Seperti pasien, perawat dan dokter.

9. Science Writer

Proses kerja jurusan farmasi lainnya adalah penulis hal-hal yang berbau ilmiah. Anda bisa menuangkan ilmu yang sudah didapatkan di kampus menjadi sebuah karya tulis bermanfaat.

Tentu saja biasa diimbangi dengan penelitian-penelitian untuk mendapatkan hasil akurat.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai sembilan peluang kerja lulusan Farmasi yang bisa Anda pertimbangkan. Anda bisa mengecek informasi Seminar, Loker dan informasi lainnya terkait farmasi di website official pafiasahan.org.

Semoga uraian di atas bisa membantu agar lebih yakin dalam menentukan jurusan kuliah, khusus Farmasi. (watahu.com)

Posting Komentar untuk "9 Peluang Kerja Lulusan Farmasi Yang Prospeknya Bagus di Tahun 2024"